KISI-KISI
PENYEBARAN SOAL
US TAHUN AJARAN
2013/2014
SD/Gugus
: Bentuk Soal : PG/ISIAN/JS
Mata
Pelajaran : IPS Jumlah Soal : 25/30/35/40/45/50
Kelas
/ Semester : 6/2 Waktu : 60/90/120
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
PG
|
ISIAN
|
JS/ESSAY
|
JUMLAH
|
JUMLAH
SOAL
|
%
|
||||||||
I
|
P
|
A
|
I
|
P
|
A
|
I
|
P
|
A
|
I
|
P
|
A
|
|||||
1.
|
Memahami sejarah
kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan
provinsi
|
Membaca
peta lingkungan setempat (kabupaten/kota dengan menggunakan simbol
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
1
|
2,5%
|
Mengenal
keragaman sosial budaya (kabupaten/kota/provinsi)
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
1
|
2,5%
|
||
Menghargai
peninggalan sejarah lingkungan setempat dan menjaga kelestarian
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
|
1
|
2,5%
|
||
2.
|
Mengenal sumber daya
alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota
an provinsi
|
Mengenal
aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya
|
8
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
1
|
|
2
|
5%
|
Mengenal
tekhnologi produksi komunikasi dan transportasi serta pengalaman penggunaannya.
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
|
1
|
2,5%
|
||
Mengenal
berbagai masalah sosial di daerahnya
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
|
1
|
2,5%
|
||
3.
|
Menghargai berbagai
peninggalan dan tokoh sejarah nasional, keragaman suku bangsa serta kegiatan
ekonomi di Indonesia
|
Mengenal
peninggalan sejarah berskala
nasional (Hindu, Budha, dan Islam) di Indonesia
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
|
1
|
2,5%
|
Menceritakan
tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu, Budha, dan Islam di Indonesia
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
|
1
|
2,5%
|
||
Mengenal
keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di
Indonesia dengan menggunakan peta
|
7
16
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
1
|
|
3
|
7,5%
|
||
Menghargai
keragaman suku bangsa dan budaya Indonesia
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
1
|
2,5%
|
||
Mengenal
jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
|
1
|
2,5%
|
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
PG
|
ISIAN
|
JS/ESSAY
|
JUMLAH
|
JUMLAH
SOAL
|
%
|
||||||||
I
|
P
|
A
|
I
|
P
|
A
|
I
|
P
|
A
|
I
|
P
|
A
|
|||||
4.
|
Menghargai peranan tokoh
pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan
Indonesia
|
Mendeskripsikan
perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
1
|
2,5%
|
Menghargai
jasa dan peranan tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
|
18
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
1
|
|
2
|
5%
|
||
Menghargai
jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia
|
19
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
1
|
|
2
|
5%
|
||
Menghargai
perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia
|
20
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
1
|
|
2
|
5%
|
||
5.
|
Memahami perkembangan
wilayah Indonesia keadaan social, Negara di Asia Tenggara serta benua-benua
|
Memahami
perkembangan sIstem administrasi wilayah Indonesia
|
25
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
1
|
|
2
|
5%
|
Membandingkan
kenampakan alam dan keadaan social Negara-negara tetangga
|
23
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
1
|
|
2
|
5%
|
||
Mengidentifikasi
Benua Asia
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
1
|
2,5%
|
||
Mengidentifikasi
Benua Eropa
|
28
|
29
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
1
|
|
2
|
5%
|
||
Mengidentifikasi
Benua Afrika
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
|
1
|
2,5%
|
||
Mengidentifikasi
Benua Amerika
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
1
|
2,5%
|
||
Mengidentifikasi
Benua Australia
|
|
31
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
1
|
2,5%
|
||
6.
|
Mengenal gejala
(peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan Negara tetangga serta dapat
melakukan tindakan dalam melengkapi bencana alam
|
Mengidentifikasi
peristiwa alam di Indonesia dan Negara tetangga
|
35
|
34
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
1
|
|
2
|
5%
|
7.
|
Memahami peranan
Indonesia di era global
|
Menjelaskan
peranan Indonesia di era global
|
32
|
36
|
33
37
|
|
|
|
|
|
|
1
|
1
|
2
|
4
|
10%
|
|
|
38
39
|
40
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
1
|
3
|
7,5%
|
||
Mengenal
manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa
|
||||||||||||||||
Jumlah perjenjang
kemampuan
|
18
|
14
|
8
|
|
|
|
|
|
|
18
|
14
|
8
|
40
|
100%
|
||
Jumlah per bentuk soal
|
40
|
|
|
|
|
|
|
40
|
|
|||||||
Jumlah persentase
|
100%
|
|
|
|
|
|
|
100%
|
100%
|
0 komentar:
Posting Komentar